Filsafat Oleh Oleh


 Filsafat Oleh oleh ini terinspirasi dan dicetuskan langsung oleh
    Pembimbing superku yaitu Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I

Oleh-oleh …..

apa yang ada dibenak kalian ketika mendengar kata oleh-oleh ??

Menurut KBBI oleh oleh adalah sesuatu yang dibawa dari bepergian atau buah tangan. yups oleh-oleh merupakan sesuatu yang kita dapatkan bisa karna kita membelinya atau diberi seseorang yang sedang berpergian.

Ketika kita hendak akan berpergian kemanapun, pesan yang paling populer di budaya kita adalah “Hati-hati di jalan yaa … dan jangan lupa oleh-olehnya”

Seperti yang kita tau bahwa oleh-oleh itu terdiri dari 3 macam yaitu : Oleh-oleh Makanan, Oleh-oleh Cenderamata, dan yang terpenting adalah Oleh-oleh Cerita



Oleh oleh makanan adalah sesuatu yang kita bawa dalam bentuk makanan khas tempat yang kita kunjungi seperti saat wisata ke Jogja makanan khas Jogja yaitu gudeg ataupun bakpia pathok.

 

Cenderamata adalah sesuatu yang dibawa atau dibeli oleh pengunjung atau wisatawan sebagai benda bawaan ke rumah untuk kenang-kenangan yang terkait dengan benda tersebut, misalnya kaos, blangkon, gantungan kunci dll.

 

Oleh-oleh cerita adalah sesuatu yang kita bawa dalam bentuk kenangan atau cerita yang ditulis dalam sebuah blog online atau yang akrab di panggil di kampus kita tercinta ini iMe, medianya para Pribadi Raharja untuk mencurahkan segala sesuatunya kedalam sebuah cermi (Cerita iMe).

Oleh-oleh sering sekali diartikan dengan sejenis makanan ataupun cenderamata. Bagaimana mungkin dapat mengenang suatu makanan yang bisa habis ketika kita memakannya dan jika kita tidak memakannya yang terjadi malah akan basi, begitupun dengan cenderamata yang mungkin bisa saja rusak, kita merasa bosan bahkan hilang entah karna lupa atau sebagainya.

lalu bagaimana mungkin bisa akan menjadi sebuah kenang-kenangan yang abadi ??

Oleh-oleh merupakan hal yang takkan terpisahkan dari proses sebuah perjalanan. Agar buah tanganmu tidak sia-sia, kamu mesti tahu oleh-oleh yang tepat yaa ^_^

Lalu oleh-oleh seperti apa yang tepat dan mampu menjadikannya abadi ??

Singkat cerita bahwa filsafat oleh-oleh ini tercetus pada saat perjalanan di Jogja ketika Pak UR, K Khanna, K Indri, dan K Ai duduk di satu taksi yang dimana sang supir yang bernama Pak Hidayatullah yang mengendarai taksi tersebut dengan pembawaan yang ramah, dan senang guyon itu dipusingkan dengan banyaknya oleh-oleh yang dibawa oleh Pak UR dkk, wahhh tak terbayangkan yaa oleh-oleh apa saja sih yang  dibawa oleh Pak UR, K khanna, K indri dan K Ai.

Kemudian sang supir tersebut langsung meluncurkan sebuah guyonan namun bermakna yaitu “oleh oleh makanan itu biasane cuma bertahan sampe 2-3 hari, oleh-oleh pakaian paling lama bertahan kurang lebih 1 tahun dan yang istimewa adalah oleh oleh cerita, kenapa istimewa ?? karna oleh-oleh cerita itu bisa bertahan selamanya bahkan sampai kita punya anak cucu nanti hehe…” Dari  guyonan sang supir tersebut langsung deh kepikiran bahwa dikampus kita tercinta ini ada media khusus untuk menuangkan cerita-cerita dari segala macam aktivitas, dokumentasi, seru-seruan dari semua Pribadi raharja yang kita sebut dengan iMe atau iLearning Media dan cerita yang dibuat dalam iMe kita sebut dengan istilah cermi.

Kalian tau, bahwa oleh-oleh yang tepat, bagus dan mampu diabadikan adalah oleh oleh cerita, pastikan banyak cerita menarik, keseruan , dan keindahan yang terjadi selama diperjalanan, dan yang kalian alami saat pergi ataupun liburan ke suatu tempat yang jauh dari tempat tinggal kalian. TIDAK ingin terlewatkan kan !! 😀

Abadikan semua kisah dan perjalanan hangat yang menyenangkan yang tertuang kedalam sebuah cerita, seperti yang biasa kita lakukan pada saat ini yaitu menceritakan dengan manis dalam sebuah cermi (cerita iMe) bahkan untuk 10 tahun, 20 tahun atau selamanya cerita itu akan terus ada dan akan menjadi experience yang mampu kita kenang sepanjang masa dengan apa saja yang dialami pada saat itu 🙂

sangat menyenangkan bukan ??  ^_^

Nahh untuk itu ayoo sama sama kita tuangkan segala sesuatu yang kalian alami ke dalam sebuah cerita seru atau apapun ke dalam fasilitas yang kita miliki saat ini yaitu dalam bentuk cermi (Cerita iMe) yang nantinya akan terkenang sampai kapanpun hingga rambut kita memutih bahkan saat kita mempunyai anak dan cucu bisa kita ceritakan “gini loh nak, ibu punya cerita seru pernah kesini dan ceritanya bisa dilihat disini, wahh keren kan ada foto masih muda juga dll….hehe”

Filsafat Oleh-oleh merupakan filsafat ke 14 yang telah dicetuskan oleh Bapak Ir.Untung Rahardja, M.T.I yang super ini, sebelumnya juga terdapat filsafat-filsafat yang tak kalah menarik dan tentunya banyak yang dapat kita petik ilmunya dan bermanfaat untuk kita semua, diantaranya yaitu :

  1. Filsafat Kendaraan create by Eka Purnama Harahap
  2. Filsafat Alamat create by Eka Purnama Harahap
  3. Filsafat Porsi create by Eka Purnama Harahap
  4. Filsafat Sungai create by Eka Purnama Harahap
  5. Filsafat Magic Key create by Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I
  6. Filsafat Tridharma create by Eka Purnama Harahap
  7. Filsafat Keluarga create by Eka Purnama Harahap
  8. Filsafat Lahan create by Endah Nirmala Dewi
  9. Filsafat Sampah create by Ninda Lutfiani
  10. Filsafat Platform create by Eka Purnama Harahap
  11. Filsafat Air Terjun create by Eka Purnama Harahap
  12. Filsafat Sepeda create by Nata Nael
  13. Filsafat Meniru create by Eka Purnama Harahap
  14. Filsafat Oleh-oleh create by Ria Utami

Views All Time
Views All Time
362
Views Today
Views Today
1
395 Total Views 1 Views Today

Article written by

Bermimpi untuk bisa, Berusaha untuk meraih ^_^
Senyum.Semangat.Sukses :)

44 Responses

  1. Membuat cerita di iMe merupakan suatu oleh-oleh yang tidak akan pernah habis dan akan abadi meskipun kita dimakan usia, bisa dibayangkan jikalau nanti ketika kita sudah lulus dimasa yang akan datang semua certa iMe kita akan menjadi pengobat yang banget-banget indahnya.

  2. Wah filsafat yang menarik.
    Ini lah lebihnya jadi pribadi raharja.
    Selalu di banjiri oleh filsafat-filsafat yang bermanfaat serta memberikan pelajaran menarik bagi kita.
    Filsafat oleh-oleh ini ada benarnya, kalo cendramata maybe bisa hilang seiringnya waktu. Maka oleh-oleh yang tak lekang oleh waktu adalah berupa cerita. Good Job, Ria ^_^

  3. Filsafat yang menarik yang dikemas dengan cerita yang super cantik, setelah kita semua dihujani dengan banyaknya filsafat sekarang terlahir kembali dengan filsafat baru yaitu filsafat oleh-oleh.
    segala sesuatu yang menarik dikemas dalam sebuah CerMe filsafat yang siapapun dapat dengan mudah membacanya.
    GC Ria 🙂

  4. Kelahiran filsafat baru yang sangat menarik untuk di baca dengan penulisan yang sangat berwarna, dengan adanya filsafat oleh-oleh ini sehingga kita dapat menambah hal baru yaitu cenderamata yang tak pernah luntur atau hilang begitu saja adalah kenangan yang selalu menjadi cerita dikehidupan kita.
    Good banget Ria 😀

  5. Wahhh menarik ka Ria Filsafat oleh-olehnya, karena oleh-oleh itu bukan sekedar makanan tapi pengalaman dan cerita juga termasuk oleh-oleh yang tidak bisa dilupakan. Thank you ka Ria infonya 🙂

  6. waaaah menarik sekali Filsafat oleh-oleh ini. ternyata oleh-oleh itu ngga selamanya berupa makanan atau barang ya tapi bisa berupa Cerita manis yang akan terkenang selalu 🙂

  7. Yaap benar sekali oleh2 tidak hanya berupa barang bisa saja berupa cerita yang dituangkan dalam iMe dan banyak orang membacanya sehingga merasakan keseruannnya
    Filsafat yang kereen nih
    Selamat ya ria untuk SC nya

  8. filsafat baru yang sangat menarik dan memang benar inilah kebiasaan kita ketika seseorang hendak pergi, dikemas dalam filsafat yang indah dan mudah dicerna makna dan maksudnya sehingga menimbulkan perasaan senang saat mebacanya.. 😀
    Filsafat yang indah, selamat juga yaa SC nya ria, 😀

  9. Wah filsafat oleh-oleh memang menarik sekali, karena kalau kita berpergian kemana-mana pasti yang ditunggu-tunggu adalah ceritanya hehe
    Selamat buat SCnya Ka Ria 🙂

  10. Filsafat oleh2 yang terbaik adalah cerita memang benar adanya karna cerita dan kenangan tak kan lekang meski sudah puluhan tahun di fikiran kita 🙂
    selamat yah ka ria SCnya 🙂

  11. Wahh keren banget ria filsafat oleh-olehnya 🙂
    Memang sebuah kenangan cerita itu menjadi hal yang lebih terindah dari pada makanan atau cenderamata apapun, hehehe…
    Selamat yah ria SCnya 🙂

  12. filsafat yang bagus dan maknanya yang menarik ka, kebanyakn orang yang mengartikan oleh oleh adalah suatu barang tetapi ini berbeda yaitu pengalaman. sekarang jelas bahwa oleh oleh bukan hanya suatu barang saja hehe

  13. wah keren nih kak untuk filsafat oleh-olehnya. oleh-oleh sebenarnya memang lebih abadi berupa pengalaman yang tak akan habis oleh waktu.
    selamat ya kak Ria untuk SCnya ^-^

  14. Filsafat oleh-oleh ✈️🚖
    Dikemas dengan sangat cantik dan sangat lekat dengan kehidupan kita khususnya yang suka traveling 😄
    Pribadi raharja punya wadah yang selalu menampung setiap cerita, dimana selalu akan ada cerita yang menarik setiap perjalanan, dan baiknya diabadikan dengan foto lalu diceritakan dalam iMe 😄💕
    Selamat ya Ka Ria cantik yeaaayy dapat SC 😍💕👍

  15. Cerita emang gak bakal habis bahkan selalu teringat terus dan nantinya lebih berguna lagi buat orang lain. Bagus ria filsafat oleh2nya . Dan oleh2 ceritanya kita masukin ke dalam iMe yg bisa dibaca buat semua orang dan gak bakal pernah habis bahkan sampe kita tua nanti oleh2nya masih ada. 😀
    I Like it (y)

  16. Ria gesit banget, kemarin pas bimbingan Pak UR menyampaikan ini..
    Ya, dari gurauan supir taksi yang maknanya selangit ini haha. sampe 10 tahun lagi juga, oleh-oleh cerita emang nggak akan pernah hilang bahkan habis. Dan uniknya dari satu cerita ke satu orang, bisa menyebar kebanyak orang, jadi kebayang kan yaa supernya oleh-oleh cerita ini hehe

    Good Cerme Ria 😀

  17. Filsafat Oleh-Oleh adalah cerita 😀
    Kata-kata yang ada di dalam Filsafat Oleh-Oleh ada kata Kenangan dan Cerita dimana akan tersimpan baik sampai bertahun-tahun dan tak akan sirna 🙂
    Super keren ka Ria Cerminya dan selamat SC nya 😀

  18. Dari semua Oleh-oleh Yang ada Tapi yg lebih menarik adalah Oleh-oleh cerita karena oleh-oleh ini bisa bertahan Selamanya dan tentunya membawa kenangan yang tak akan hancur karena oleh-oleh cerita bersemayam didalam Hati Nurani , Ingatan dan kisah perjalan maka dari itu filsafat cerita ini Keren banget pokoknya takan lekang dimakan waktu deh tentu oleh-oleh cerita akan terus turun temurun akn diceritakan dan menjadi sebuah kisah yang abadi dikehidupan ini Nice Keren sekali filsafat ini 😀
    Semangat Terus Ria .

  19. Bener banget nin apa yang diterangkan dalam filsafat oleh-oleh ini..
    Cerita tidak akan pernah pudar dalam ingatan seseorang kecuali mungkin sudak pikun karen faktor usia Heheheehehe

    1. Haduhh maaf typo maksudnya
      Bener banget nih apa yang diterangkan dalam filsafat oleh-oleh ini..
      Cerita tidak akan pernah pudar dalam ingatan seseorang kecuali mungkin orang tersebut sudah pikun karen faktor usia Heheheehehe

  20. udah baca dari kemarin-kemarin tapi lupa kalau belum bbc, maaaaaf ya ria. -_-‘
    luar biasa nih ria, pas bimbingan diem-diem memperhatikan dg baik apa yang pak UR sampaikan perihal oleh-oleh dan ria bisa tuangkan filsafat tsb dalam cermi ini dengan sangat menarik. Selamat Ria untuk SC ke-2 nya. Luaaar biasaaaa. I’m so proud of you :* :*

    btw, setelah ada filsafat oleh-oleh bisa jadi senjata juga nih utk kita kalau ada yang todong oleh-oleh jadi bisa kita kasih oleh-oleh cerita ya. ahahaha :p

  21. Hati-hati di jalan jangan lupa oleh-olehnya ya hehe pasti ya seperti itu..
    Dan memang yang paling tidak termakan oleh waktu yaitu oleh-oleh cerita..
    Terdapat di cermi tersebut bila oleh-oleh berupa makanan akan bertahan sampai 1-2 hari, pakaian hanya setahun, namun cerita?? Bisa sampai di ceritakan ke anak cucu hehe
    Sukaaa

  22. Jika ada keluarga yang jalan jalan pasti kita meminta oleh oleh, entah itu makanan atau pun barang barang khas. Tetapi oleh oleh yang paling berhaga adalah pengalaman 😀
    Super sekali ka Ria. Selamat untuk SCnya 😀

  23. cerminya menarik banget kak dan rapih ,kalau baca filsafat ini jadi teringat kalo pulang kampung atau jalan-jalan kemana pun yg jauh dari tempat tinggal kita pasti seseorang yang dekat dengan kita akan mengatakan ” jangan lupa oleh-olehnya yah” tapi oleh-oleh yang paling berharga menurut saya adalah oleh-oleh cerita

    selamat kak ria buat SCnya

  24. Cermi filsafat oleh oleh ini sangat menarik sekali. Ya, memang benar jika kita berpergian pasti saja ada yang berpesan “Hati-hati di jalan yaa … dan jangan lupa oleh-olehnya”. Tetapi yang dibilang oleh ka Ria itu benar dari semua oleh-oleh yang ada tetapi yang lebih menarik adalah oleh-oleh cerita karena cerita itu tidak akan pernah habis walaupun termakan oleh waktu. Karena cerita adalah sebuah pengalaman yang bisa kita sampaikan ke anak cucu keturunan kita.

    Good share ka ria 😊

  25. Cermi yang menarik dan fresh, Oleh-oleh memang selalu menjadi permintaan keluarga dan kerabat terdekat kita saat kita hendak berpergian.
    dan iim setuju bahwa oleh-oleh yang paling tahan lama adalah oleh-oleh ceita,
    selain tahan lama dan tidak termakan oleh waktu.
    oleh-oleh cerita juga bisa menjadi obrolan yang asik bersama keluarga dan kerabat kita.

  26. Oleh-oleh itu paling pas saat liburan atau pulang kampung intinya dapat kenangan di antra makanan, cendramata dan cerita dalam perjalanan tersebut. Namun yang berkesan adalah oleh-oleh cerita semasa perjalanan itu dan benar apa kata pak Hidayatullah “karna oleh-oleh cerita itu bisa bertahan selamanya bahkan sampai kita punya anak cucu nanti” oleh-oleh cerita dari perjalanan itu ibarat makanan yang tidak pernah basi dan ibarat brng yng tik kn usng oleh waktu. Thanks ka Ria udah share nya 🙂

    Selamat juga atas SC yang di dapat ^_^

  27. benar sekali ya kak ria , oleh oleh yang paling berkesan adalah cerita, karna pasti setiap orang punya cerita menarik saat bepergian. Pribadi Raharja bisa menuangkannya kedalam iMe, dengan adanya iMe juga sangat membantu sekali. selain bercerita kita juga bisa menghias cerita disertai bukti fotonya 🙂

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.