Testimonial Pengembangan Gamifikasi Dosen Dalam Sistem Pen+ “Wah Gampang Kan”

Hallo TimUR 2 dan Team Pen+ “Wah Gampang Kan” 🙂

Pada kesempatan kali ini bertemu kembali dengan Kikit dalam CerKit tentang Testimonial Sistem Pen+. Nah, Kikit sendiri mempunyai judul Skripsi yaitu PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN PLUS (PEN+) MENGGUNAKAN GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI.

Dalam pengembangan gamifikasi pada sistem Pen+ yang telah Kikit kembangkan  diantaranya terdapat yaitu :

1. Terdapat 1 Menu Trophy pada tampilan Dosen.

2. Terdapat 1 Menu Update Ranking Dosen pada tampilan Admin.

3. Terdapat 1 Menu Class Warning pada tampilan Admin.

Pada dasarnya penerapan gamifikasi pada sistem Pen+ telah berjalan saat periode UTS dan UAS tahun 2015/2016. Namun, rasanya gamifikasi saat itu dirasa masih kurang menarik perhatian dan memotivasi untuk berkontribusi bagi dosen. Maka dari itu Kikit telah mengembangkan sebuah gamifikasi pada sistem Pen+ untuk membuat keefektifitasan pekerjaan dosen dalam menginput nilai.

Lalu, bagaimana saat ini pengembangan gamifikasi pada sistem Pen+ yang telah dilakukan periode UTS dan UAS tahun 2016/2017?

1. Dosen akan menginput nilai UTS, UAS, Tugas Mandiri, KKP dan IS melalui sistem Pen+ setelah RPU memberikan akses.

2. Jika dosen telah submit nilai maka akan keluar hasil keseluruhan rank 131 dosen dan average time.

3. Lalu rank terdepan terdapat 10 (sepuluh) besar dosen yang akan mendapatkan 1 trophy untuk tiap 1 dosennya. Trophy ini di buat untuk memotivasi dosen yang lainnya berada di rank 11 sampai 131.

4. Terdapat 1 menu update ranking dosen dimana sangat berguna untuk melihat yang up to date jika sebanyak 131 dosen sudah submit nilai pada sistem Pen+.

5. Jika sampai batas waktu H+2 dosen belum juga input nilai maka team Pen+ bersiap untuk klik send email reminder yang melalui menu class warning.

 Jadi, kesimpulannya dosen menginput nilai UTS, UAS, dan Tugas Mandiri menggunakan sistem Pen+. Penginputan dengan sistem Pen+ memiliki gamifikasi dengan batas waktu ontime yaitu H+3, jika dosen lebih cepat input nilai dan mendapatkan posisi pada 10 (sepuluh) besar rank dosen artinya dosen memiliki 1 trophy sebagai bentuk appreasiasi karena telah berkontribusi. Namun, terdapat dosen yang belum juga input nilai melebihi batas waktu, maka team Pen+ akan klik send email reminder untuk dosen yang belum input.

oh iya dalam cermi ini juga Kit telah menghasilkan ide menarik untuk perkembangan Gamifikasi yang telah Kit buat 😀

Yakni memberikan merchandise berupa gelas dengan logo Pen+ kepada 3 besar ranking dosen.

Disini Kikit mendapatkan 3 Nama Dosen yang berada di ranking 1, 2, dan 3 gamifikasi Pen+ periode UTS Ganjil 2016/2017 ^^

1.) Dosen Ibu Euis Sitinur Aisyah, M.Kom

2.) Dosen Bapak Abdul Hayat, M.T.I.

3.) Dosen Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn.,M.Si

Disini Kikit juga mendapatkan 3 Nama Dosen yang berada di ranking 1, 2, dan 3 gamifikasi periode UAS Ganjil 2016/2017 ^^

1.) Dosen Ibu Euis Sitinur Aisyah, M.Kom

2.) Dosen Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I.

3.) Dosen Ibu Ruli Supriati, S. Kom.,M.T.I

Sekian dulu CerKit yang Kikit punya ini dan besar harapan dapat di bbc oleh 3 dosen yang telah mendapatkan trophy dalam gamifikasi sistem Pen+.

Terimakasih ^^

Views All Time
Views All Time
10
Views Today
Views Today
1
10 Total Views 1 Views Today

10 thoughts on “Testimonial Pengembangan Gamifikasi Dosen Dalam Sistem Pen+ “Wah Gampang Kan”

  1. Alhamdulillah….Good Job
    Bersama PEN+ semakin memberikan kemudahan para dosen dalam menginput nilai di PEN+, dan dengan adanya gamifikasi ini bisa memotivasi dosen dalam melakukan penginputan nilai ke dalam PEN+ sehingga bisa meminimalkan dosen yang kumpul nilai secara overdue….
    Dan para kajur pun bisa mengetahui dosen – dosennya mana yang input tepat waktu atau yang overdue.

    Semangaaatt

  2. Wahh good job Kikit, dengan adanya gamifikasi PEN+ ini para dosen jadi lebih termotivasi lagi untuk menginput nilai secara ontime agar bisa mendapatkan trophy^^

  3. Dengan diterapkannya gamifikasi pada PEN+ memberikan nuansa yang berbeda dosen akan berlomba lomba untuk mengunpulkan point sebanyak banyaknya, sehingga para dosen jadi lebih semangat dan termotivasi lagi untuk menginput nilai secara ontime agar bisa mendapatkan trophy 😀

  4. Penplus selalu berusaha memberikan kemudahan untuk semua pengguna terutama Dosen karena penplus semua input nilai jadi ” Wah Gampang Kan” ^^

  5. Dengan adanya gamifikasi ini, sebenarnya tidak hanya memotivasi dosen untuk lebih unggul. Tp sisi baiknya adalah membuat dosen lebih disiplin dalam menginput nilai.
    Good job kikit. Sukses selalu.

  6. Dengan adanya gamifikasi doen tentu meningkatkan motivasi dosen untuk menginput nilai secara ontime ^^
    Sukses selau yah Kikit 😀

  7. Alhamdulillah nich dapat peringkat ke-3 (ga nyangka karena ga tau hehehe),, gamifikasi ini semoga bisa menambah point kedisiplinan dosen ya to input nilai tepat waktu n sukses selalu to kit,,terima kasih merchandise’nya ^_^

  8. Dengan pen+ dapat meningkatkan kedisiplinan dosen dalam menginput nilai uts dan uas tepat waktu,PTR memberikan fasilitas layanan terbaik bagi mahasiswa sehingga dapat melihat nilai uts dan uas lebih cepat dari sebelumnya. Sukses sll yah nikita GBU

Leave a Reply