Penerapan Gamifikasi pada Kelas PL102A, PL102C, PL102D

Image result for welcome

Dalam penerapan gamifikasi pada kelas PL102 yang terdiri dari 3 kelas yaitu PL102A, PL102C, PL102D dimana pada pembahasan kali ini Rubin ingin share mengenai beberapa perubahan pada kelas iDu yaitu pada kelas PL102. Perubahan yang dilakukan adalah meliputi 5 aspek sebagai berikut:

  1. Desain welcome tampilan pada kelas PL102A, PL102C, dan PL102D
  2. Tersedianya menu leaderboard sebagai papan ranking yang merekam top ten mahasiswa berdasarkan tingkat keaktifan mahasiswa berdasarkan perolehan point dan badge otomatis akan mempengaruhi level yang dimiliki oleh setiap mahasiswa.
  3. Terdapat fasilitas reward point pada assignment
  4. Terdapat fasilitas reward badge pada assignment
  5. Terdapat sebuah Notifikasi reward melalui pesan iDu yang terintegrasi dengan email Rinfo

Perbandingan sebelum dan sesudah penerapan gamifikasi pada proses pembelajaran iLearning melalui media aplikasi iDu

                                    PL102A
  1. Before tampilan welcome kelas PL102A
    Photo:
  2. After Tampilan Welcome Kelas PL102A
    Photo:
  3. Before Tampilan Assignment kelas PL102A (Belum ditambahkannya reward berupa point dan badge)
    Photo:
  4. After Tampilan Assignment Kelas PL102A (Sudah ditambahkannya reward berupa Point dan badge)
    Photo:
  5. Terdapat Tampilan leaderboard pada kelas PL102A

Photo:

                                    PL102C
  1. Before tampilan welcome kelas PL102C
    Photo:
  2. After Tampilan Welcome Kelas PL102C
    Photo:
  3. Before Tampilan Assignment kelas PL102C (Belum ditambahkannya reward berupa point dan badge)
    Photo:
  4. After Tampilan Assignment Kelas PL102C (Sudah ditambahkannya reward berupa Point dan badge) Photo: 5. Terdapat Tampilan leaderboard pada kelas PL102C
    • Photo: Photo:
                                    PL102D
  1. Before tampilan welcome kelas PL102D
    Photo:
  2. After Tampilan Welcome Kelas PL102D
  3. Before Tampilan Assignment kelas PL102D (Belum ditambahkannya reward berupa point dan badge)
  4. After Tampilan Assignment Kelas PL102D (Sudah ditambahkannya reward berupa Point dan badge)
  5. Terdapat Tampilan leaderboard pada kelas PL102D

Demikian Cermi yang dapat Rubin sampaikan mengenai penerapan gamifikasi di dalam kelas PL102, dengan adanya fitur-fitur yang dapat mendukung kegiatan gamifikasi dapat berjalan di dalam kelas PL102A, PL102C, dan PL102D dengan tujuan dapat memotivasi belajar mahasiswa terutama di dalam submit assignment dan merubah pola pikir mahasiswa bahwa belajar merupakan sebuah kebutuhan bukan menjadikan sebuah beban.

Image result for thanks

9 Responses

  1. Dengan adanya menu baru pada iDu Pembelajaran kelas iLearning yaitu Gamification untuk mahasiswa dikelas bisa menambah semangat mahasiswa untuk segera menyelesaikan Assigment dari para dosen dengan tepat waktu, dan dengan adanya point tersendiri untuk mahasiswa yang submit paling awal sehingga diharapkan bisa memotivasi mahasiswa dalam menyelesaikan Assigment.
    namun, sebaiknya juga ditambahkan fasilitas baru yang bisa menolak secara otomatis atau memberikan keterangan pada iDu jika tugas yang dikirimkan mahasiswa tersebut hanya copy paste dari temannya.
    Semangat terus ya Rubin….
    Berikan selalu yang terbaik untuk Raharja……

    1. Terima kasih ibu Diah untuk masukannya terhadap sistem iDu, memang benar adanya bahwa gamifikasi hadir tentunya untuk memotivasi mahasiswa dalam proses pembelajaran di dalam iDu dengan adannya apresiasi dari dosen kepada mahasiswa setelah melakukan submit assignment dengan baik, apresiasi diberikan dapat berupa reward baik point dan badges sehingga dengan adanya bentuk apresiasi yang diberikan dosen kepada mahasiswa mampu meningkatkan semangat mahasiswa tentunya dalam melakukan submit assignment, memotivasi belajar mahasiswa dan merubah pola perilaku mahasiswa ke arah yang lebih positif. 🙂

      everything iDu, iDu it for you….

  2. Adanya sebuah inovasi baru pada pembelajaran iDu ini membuat iDu menjadi sangat menarik di dukung dari beberapa faktor.
    1. Tampilan yang lebih ciamik pada kelas yang telah di terapkan. Membuat mahasiswa dan terutama dosen pengampu lebih betah di iDu.
    2. Adanya viewboard di iDu membuat mahasiswa menjadi lebih termotivasi untuk mengumpulkan point. Sehingga pembelajaran lebih menarik.
    3. Adanya rule bahwa point bisa di tukar pada assignment yang missing dapat membuat mahasiswa lebih termotivasi untuk kontribusi. Karena dengan kontribusi mahasiswa akan mendapat point dan ditukar pada assignment missing.
    4. Kalaupun tidak ada assigment missing, point dapat di tukar dengan nilai tambah, sehingga membuat mahasiswa tentunya lebih berlomba-lomba mendapatkannya.

    Dan ke empat point itu sudah di rasakan oleh Dosen pengampu, terutama saya yang menjadi Tim Teaching pada kelas PL701A.
    Good job, Rubin.
    Good project ^^
    Semoga tidak hanya bisa di terapkan pada kelas diatas, tapi next semester bisa di terapkan ke kelas lainnya yang lebih luas.
    Semangat!!

  3. B zizah yakin dan percaya apa yang telah Rubin buat untuk penerapan gamifikasi ini pasti sangat bermanfaat dalam proses peningkatan mutu belajar dan mengajar antara dosen dan mahasiswa. Terus berkarya jangan berhenti pada satu titik saja, karena ilmu ada di berbagai titik titik kehidupan untuk menghasilkan manfaat kepada seluruh manusia. Selamat dan Sukses untuk Rubin !!!!

  4. Dengan adanya fitur-fitur yang dapat mendukung kegiatan gamifikasi dapat berjalan di dalam kelas PL102A, PL102C, dan PL102D dengan tujuan dapat memotivasi belajar mahasiswa terutama di dalam submit assignment dan merubah pola pikir mahasiswa bahwa belajar merupakan sebuah kebutuhan bukan menjadikan sebuah beban.

    Semangat terus ya bin ^^

  5. Sangat bermanfaat sekali khususnya untuk Mahasiswa yang menggunakan iDu agar lebih rajin untuk mengerjakan tugasnya dengan adanya point-point yang sudah diterapkan pada Gamifikasi di iDu..
    Sukses terus iDu dan Rubin.
    iDu it For u^^

  6. Waaahhhhhhhhhh keren ni Rubin, dengan adanya Gamifikasi pada idu ini pasti sangat bermanfaat dalam proses peningkatan mutu belajar dan mengajar antara dosen dan mahasiswa. terutama di dalam submit assignment dan merubah pola pikir mahasiswa bahwa belajar merupakan sebuah kebutuhan dan tidak menjadi beban atau hal yang membosankan.
    Ganbatte bin ^^

  7. Dengan adanya Gamifikasi pada kelas 3 kelas tersebut, menjadikan semangat dan motivasi bagi mahasiswa dalam submit assignment. Good job bin 🙂

  8. The best gamifikasi ever ^^
    dengan adanya terobosan alur gamifikasi di iDu ini membuat mhs menjadi lebih termotivasi. Penilaian yang super objektif namun tetap mengedepankan sisi kemahasiswaan dengan adanya redeem poin bagi mhs yang tertinggal dan menjadi nilai tambahan bagi mhs yg basic nya sudah rajin. Sehingga adanya aktivitas yang dijalankan mhs tetap menguntungkan mhs. pada akhirnya dari mhs untuk mhs. 🙂

    Terbukti mamoi jatuh cinta dengan gamifikasi ini, setelah diterapkan di kelas PL102A pada semester Ganjil, maka pada semester Genap TA. 16-17 ini mamoi menerapkannya di 3 kelas sekaligus. Kelas PL701A, TL601A dan TL601D. ini membuktikan bahwa apa yang dilakukan Rubin selama penelitian ini super bermanfaat (:

    Good job Rubin ^^
    mamoi sangat mengapresiasinya sekali.
    semua ini berkat sikap Rubin yang selalu berusaha lebih dan lebih tanpa pantang menyerah. SC ke 7 yah untuk Rubin http://timur.ilearning.me/2016/08/11/special-contribution-kawaii/

    selalu semangat dan lakukan dengan cinta yah Rubin ^^

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.