Viewboard AJRI Journal

πŸ™ Viewboard Gamifikasi AJRI Journal πŸ™

πŸ™ APA ITU GAMIFIKASI πŸ™

Gamifikasi adalah penggunaan dari teknik desain permainan, permainan berpikir dan permainan mekanik untuk meningkatkan non-game konteks. Biasanya gamifikasi berlaku untuk non-game aplikasi dan proses, untuk mendorong orang untuk mengadopsi mereka, atau untuk mempengaruhi bagaimana mereka digunakan. Gamifikasi bekerja dengan membuat teknologi yang lebih menarik, dengan mendorong pengguna untuk terlibat dalam perilaku yang diinginkan, dengan menunjukkan jalan untuk penguasaan dan otonomi, dengan membantu untuk memecahkan masalah dan tidak menjadi gangguan, dan dengan mengambil keuntungan dari kecenderungan psikologis manusia ‘untuk terlibat dalam game’.

πŸ™ APA ITU VIEWBOARDπŸ™

β€œViewboard adalah sebuah aplikasi yang berisi halaman panel yang menjelaskan mengenai data ataupun informasi penting yang dibutuhkan dalam upaya membantu pengambilan keputusan”, dengan manfaat untuk :

  • Sebagai Sistem Penunjang Keputusan bagi Middle – Top Level Management sebuah instansi, organisasi ataupun perusahaan.
  • Sebagai Media Informasi yang dapat menyajikan informasi secara efisien dengan adanya grafik atapun kalimat ringkasan dari informasi yang disajikan.
  • Sebagai Media Monitoring yang dapat memantau progress atau perkembangan dari suatu kegiatan.
πŸ™ Stat Counter Saat Ini πŸ™

June 2022 :

Β 

Last Update : 03/10/2022

πŸ™ WHY VIEWBOARD GAMIFIKASI πŸ™

Saat ini informasi yang di berikan website OJS kurang tersusun sehingga pada viewboard ini diharapkan dapat merangkum informasi penting yang di perlukan baik bagi author, reviewer maupun pengelola itu sendiri.
Sebelumnya data tersusun dengan terpisah pada berbagai halaman yang perlu diakses terlebih dahulu untuk melihat data secara keseluruhan, Namun dengan viewboard yang ada data dapat terangkum secara kuantitatif dan dapat dilihat pada satu halaman.

πŸ™ BENEFIT πŸ™
  1. Dengan adanya peringkat diharapkan dapat meningkatkan informasi bagi pengguna.
  2. Sebagai media sistem informasi informatif bagi pengguna.
  3. Sebagai media pengumpulan data bagi pengelola dalam melakukan strategi pemasaran.
πŸ™ FOR FUTURE SCHEDULE πŸ™

Untuk saat ini viewboard baru menampilkan data untuk author terbaik dan reviewer terbaik yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dari pengguna dengan melihat peringkat yang di miliki diharapkan dapat meningkatkan semangat pengguna.

Kedepannya setelah didiskusikan lebih lanjut dapat di terapkan berbagai promosi guna meningkatkan fungsi dan manfaat dari viewboard itu sendiri dengan :

Β Β Β Β Β Β 

πŸ™ TROUBLE πŸ™

Saat ini AJRI journal sudah berjalan selama 2 tahun sehingga dalam pengembangan sistem perlu memperhatikan penggunaan database dalam pengembangan yang di lakukan dengan mempertimbangkan data yang telah terdapat pada AJRI journal.

Kendala lain dikarenakan penggunaan versi laravel yang menggunakan versi terbaru sehingga referensi dalam pengembangan masih sedikit, dan memerlukan spesifikasi yang tinggi untuk perangkat pendukung.

πŸ™ IMPLEMENTATION πŸ™

Pengimplementasian di lakukan dengan menambahkan sebuah tampilan viewboard yang memberikan rangkuman informasi mengenai data issue, artikel, author maupun reviewer yang terdapat pada AJRI Journal.

πŸ™ BEFORE VIEWBOARD AJRI πŸ™

Sebelum adanya viewboard, informasi tercantum pada AJRI journal tersampaikan pada beranda namun untuk mengetahui ragkuman data yang ada perlu mengakses data masing masing bagian. Juga adanya batasan informasi yang tidak dapat diakses oleh pengguna lain selain pengelola.

πŸ™ TAMBAHAN πŸ™

πŸ™ PENULISAN MENGGUNAKAN OVERLEAF πŸ™

πŸ™ WHY OVERLEAF πŸ™

Mengapa menggunaka overleaf dalam penulisan? Hal ini didasari dari pengalaman Regina sebagai seorang PIC OJS, Saat ini banyak OJS internasional yang menerapkan penulisan dengan template overleaf. oleh sebab itu Regina ingin meningkatkan nilai penulisan dengan menerapkan standar yang lebih tinggi dalam penulisan yang Regina lakukan. Selain itu dengan overleaf penulisan dan data didalamnya dapat terinput dalam satu folder tanpa terpisah sehingga lebih mudah mencari data mentahan yang terdapat dalam penulisan itu sendiri. Data tambahan itu sendiri terdiri atas Gambar, PDF maupun referensi yang tercantum dalam penulisan.

πŸ™ PERBEDAANNYA DIBANDINGKAN DENGAN DOC πŸ™

Perbedaan yang terbesar terletak pada penulisan yang perlu menggunakan code tertentu dalam overleaf, Dalam overleaf untuk menulis suatu kalimat diperlukan berbagai coding untuk memuat berbagai format didalamnya. Didalamnya penulis dapat menyusun BAB dalam document tersendiri sehingga lebih tersusun. Penginputan mentahan gambar dan PDF juga di perlukan dalam pengiputan data sehingga dalam satu file overleaf seluruh data documen termasuk luaran dapat terinput dalam satu file. Referensi dalam Overleaf tidak membutuhkan media mendeley di dalamnya, Overleaf memiliki teknik tersendiri dalam menambahkan data referensi. Dalam penambahan Nomor halaman, Style margin maupun spasi serta Table Content di rangkum dalam satu file yang akan langsung mengatur keseluruhan document secara otomatis. Sehingga dalam penulisan, penulis tidak perlu mengatur ulang halaman, daftar isi maupun data gambar dan tabel karena overleaf akan langsung mengatur list dan menambahkan hyperlink secara otomatis.

πŸ™ KESULITAN PENGGUNAAN OVERLEAF πŸ™

Permasalahan paling umum adalah dikarenakan overleaf belum umum dipergunakan diindonesia saat ini. Kemudian dengan penulisan yang memerlukan kemampuan koding membuat penulisan menjadi sedikit sulit bagi pemula. Terdapat berbagai macam coding yang perlu dihafal untuk dapat memformat penulisan sesuai keinginan.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.